Tentang Kami

Please Subscribe Your Email

BERITA HOT

RUBRIKASI

Pendiri 212 Mart Ini Siap Gelontorkan Program Ketahanan Pangan di Kepri


Wahyu Wahyudin, Penjaga Kedaulatan Pangan Kepri

JMRN- Batam | Tekad Wahyu Wahyudin, Alumni YPTN ( Yayasan Perguruan Tinggi Nasional ) Batam ini untuk menjadikan pertanian sebagai basis bagi ketahanan pangan dan juga ketahanan nasional nampaknya tidak main-main. Dalam waktu dekat, Wahyu yang juga salah satu pendiri 212 Mart akan melaunching program ketahanan pangan berbasis perumahan. Sebagai lokasi awal dipilih daerah Kecamatan Sungai Beduk sebagai pilot project ketahanan pangan tersebut.
“ Sungai Beduk saya pilih karena memang lokasi ini terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota. Kemudian, industri pertanian berkembang dengan pesat. Di wilayah Mangsang, Pancur, sampai ke daerah Piayu Laut tersebar perkebunan dalam jumlah besar dan tentunya ini adalah potensi ketahanan pangan yang luar biasa. “ demikian Wahyu menuturkan kepada Radionasional.com.
Lebih jauh Wahyu mengatakan bahwa tahun 2006 – 2008 Kepri pernah mencatat sejarah menjadi exportir untuk sayuran dataran rendah ke Singapura. Tetapi setelah itu, kabar tentang export sayuran ini tampaknya tidak ditindaklanjuti oleh badan Exsekutif dan Yudikatif yang berkuasa saat itu.
“Sekarang, kalimat Petani sudah menjadi sangat asing bagi masyarakat dan generasi muda kita terutama yang berusia dibawah 35 tahun. Tentunya, ini tidak bisa dibiarkan karena ketahanan pangan adalah simbol dari kejayaan suatu daerah. Bayangkan suatu daerah, pangan susah didapat ? Bayangkan jika terjadi bencana, untuk sekedar singkong sebagai pengganti beras saja kita tidak punya. Harus tergantung dari bantuan orang. Sedih sekali rasanya, jika nasib bangsa kita terus berlanjut seperti ini.  Pangan yang dihasilkan petani sudah jelas adalah suatu bentuk kejayaan yang harus kita kembalikan.” Tutur Wahyu bersemangat.
Dalam waktu dekat, sebagai tahapan awal program ketahanan pangan Wahyu akan mendistribusikan Cabe dalam polybag dalam jumlah ribuan polybag di Kelurahan Mangsang Sungai Beduk. Selain itu, dalam waktu dekat juga Wahyu melewati jaringan 212 Mart akan mendistribusikan pupuk bersubsidi guna membantu para petani yang berada di wilayah kecamatan Sungai Beduk. ( Arifin )








Bagikan

Komentar Anda