Tentang Kami

Please Subscribe Your Email

BERITA HOT

RUBRIKASI

Kembangkan Kurikulum Robotic,STIKOM Muhammadiyah Batam Siap Siap Jadi Kampus Internasional

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Muhammadiyah Batam
JMRN-Batam | Perkembangan tehnologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu, mau tak mau memaksa dunia pendidikan untuk mampu menyediakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan Tehnologi. Di Bandung, anak setingkat SD bahkan sudah dikenalkan kepada kurikulum dengan materi Robotic, bahkan sampai ikut lomba robot ke luar negeri. Di Batam, kurikulum dengan materi Robotic mulai di kenalkan di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer ( STIKOM ) Muhammadiyah Batam,yang bertempat di Kompleks Muhammadiyah Tembesi Batu Aji.

Rektor SMB ( STIKOM Muhammadiyah Batam ), demikian biasa nama sekolah ini di singkat, Mohd. Iqbal ST,Mkom mengatakan bahwa SMB sudah dicanangkan untuk nantinya menjadi Kampus Internasional, minimal Kampus ASEAN. " Pencanangan ini dikemukakan langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bpk. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si yang melakukan kunjungan silaturahmi ke Batam tepatnya ke Kompleks Muhammadiyah pada 18 Januari 2019 kemarin. Saat itu Pak Haedar mengatakan bahwa ke depannya Kampus SMB harus bisa menjadi Kampus Internasional minimal Kampus ASEAN" demikian Rektor lulusan Politehnik Padang ini menjelaskan. 

lebih jauh, Iqbal mengatakan bahwa SMB sekarang berdiri diatas lahan kampus paling luas se Kepri. " Luas lahan kami sekitar 12 hektar. cukup luas untuk menampung mahasiswa dari luar negeri. nantinya kami akan sediakan asrama dan berbagai fasilitas penunjang lainnya agar mahasiswa baik dari dalam dan luar negeri dapat belajar dengan baik di SMB." tambah Iqbal.

Proyeksi kurikulum Robotik SMB sendiri mengarah kepada mendesain kecerdasan buatan ( Artificial Inteligen ) yang merupakan pusat otak dari sebuah mesin robot. " Kita sekarang bahkan sedang menyiapkan program robot yang nantinya bisa memasak sendiri. Proses pemasukan datanya sedang dilakukan saat ini di SMB. Selain itu kita juga sudah bekerjasama dengan beberapa kawasan industri yang ada di Batam agar nantinya lulusan kita dapat memanfaatkan ilmunya di perusahaan perusahaan internasional yang ada di kawasan kawasan Industri di Batam. " tutur Iqbal lebih mendalam. 

SMB sendiri saat ini baru berdiri semenjak 2013 dan baru saja mendapatkan Akreditasi.Terletak di Komplek Muhammadiyah Batam yang berada di Jl. Dr. Hamka, Tembesi - Batu Aji. Dekat dengan SMKN 1 Batam. Saat ini SMB memiliki dua program yaitu S1 Informatika dan D1 Komputer Akuntansi. Jumlah mahasiswa SMB Batam saat ini, meskipun masih baru berdiri sudah mencapai 200 orang mahasiswa. 

Menurut Iqbal, Tehnologi Robotik yang dikembangkan di Batam tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia dan luar negeri. " Bahkan untuk beberapa item tehnologi kita ada yang lebih canggih dari Singapura. Jadi tidak perlu belajar jauh - jauh untuk belajar mengenai robotik nantinya. Cukup datang ke Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer( STIKOM ) Muhammadiyah Batam. "  demikian Iqbal berpromosi sembari menutup kepada Radionasional.com ( Arif )
Bagikan

Komentar Anda

0 comments: