Tentang Kami

Please Subscribe Your Email

BERITA HOT

RUBRIKASI

Wartawan Harus Mampu Membedakan antara Fakta dan Opini

Untuk meningkatkan kompetensi wartawan, pihak media online www.expossidik.com grup menggelar pelatihan wartawan. Pelatihan ini tidak terbatas pada penulisan berita terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, juga menyangkut perbedaan berita fakta dan opini.
Batam, RN - Untuk meningkatkan kompetensi wartawan, pihak media online www.expossidik.com grup menggelar pelatihan wartawan. Pelatihan ini tidak terbatas pada penulisan berita terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, juga menyangkut perbedaan berita fakta dan opini.

PelatihaN digelar di kantor media on line diatas dan menampilkan empat pemateri dengan masing-masing materi berbeda. Materi itu adalah bagimana menulis straight news ( berita lempang), perbedaan fakta dan opini, bahasa jurnalistik, dan kode etik.

Di hari ke-2, menampilkan pemateri menyangkut perbedaan berita fakta dan opini, Rumbadi Dalle. Mantan wartawan TEMPO untuk wilayah Kepulauan Riau, Singapura dan Malaysia ini mengatakan, wartawan harus memiliki kemampuan yang cukup dalam mengemas berita. " Jangan campur-aduk antara fakta dan opini," kata Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan di Batam ini. Ia menjelaskan, berita fakta itu adalah peristiwa yang kejadian yang benar-benar ada dan terjadi.Selain itu rinciannya jelas, dan kebenarannya tidak bisa dibantah." Jangan ditambah dengan oendapat wartawan, jadi opini pula nanti," katanya sambil tertawan.

Ciri-ciri fakta adalah memiliki data yang tepat dan akurat, dan 5W+ 1H itu terjawab di dalam tulisan, seperti waktu kejadian, tempat atau tanggal terjadinya peristiwa tersebut, siapa pelaku, dan bagaimana terjadinya peristiwa tersebut.Diharapkannya wartawan terus belajar agar menjadi wartawan yang memiliki kompetensi, dan sesuai dengan diharapkan masyarakat.

Pemimpin Redaksi dan Penanggungjawab Expossidik.com, Albert Rios Ginting  mengemukakan, media on line ini terus berkembang. Sejalan dengan itu perlu meningkatkan kemampuan individual wartawan yang tergabung di expossidik.com. Saat ini-kata Albert- di tiap kabupaten/kota di Kepri ada perwakilan seperti di Anambas, Natuna, Karimun ( Tj.Batu), Karimun ( Kundur ), Lingga, bahkan ada perwakilan di Jambi.

Mengingat lokasi perwakilan itu tempatnya jauh, maka semua kepala perwakilan diundang untuk mengikuti pelatihan selama empat hari. Albert berniat akan terus menggelar pelatihan agar wartawan expossidik.com benar-benar mumpuni.


REDAKSI | ***

EDITOR : ANDRI ARIANTO
Bagikan

Radio Nasional

Komentar Anda