Tentang Kami

Please Subscribe Your Email

BERITA HOT

RUBRIKASI

Rasio Elektrifikasi Indonesia di Tahun 2019 Ditarget Capai 99 Persen

Jakarta, RN - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memasang target rasio elektrifikasi Indonesia di 2019 mencapai 99%. Rasio elektrifikasi merupakan tingkat perbandingan jumlah penduduk yang telah mendapat listrik dengan jumlah total penduduk di suatu wilayah atau negara. Sejumlah upaya telah dilakukan untuk melistriki wilayah atau daerah terpencil.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan realisasi ratio elektrifikasi hingga September 2017 kemarin sudah mencapai 93,08%. Realisasi tersebut sudah melebihi target di tahun ini sebesar 92,75%. Menurutnya hingga tutup tahun tingkat ratio elektrifikasi bisa menyentuh 94%. "Kalau PLN komitmennnya bagus seperti sekarang sampai akhir tahun bisa 94%. Mudah-mudahan bisa 99% di 2019," kata Jonan di acara CEO Forum, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Jonan menuturkan terdapat sekitar 10.000 desa yang belum sepenuhnya teraliri listrik. Kemudian sebanyak 2.500 desa malah sama sekali belum terlistriki. Dia menuturkan untuk desa-desa yang belum sepenuhnya terlistriki, PLN terus membangun jaringan guna menjangkau wilayah tersebut. Pasalnya kondisi geografis dan letak pemukiman yang berpencar menjadi tantangan tersendiri.

Sedangkan bagi 2.500 desa yang sama sekali belum menikmati listrik, lanjut Jonan, akan dipasang lampu tenaga surya. Lampu dengan daya 60 watt tersebut bisa menerangi rumah-rumah untuk 6 jam. Dia menyebut pemilihan lampu tenaga surya juga mempertimbangkan kemampuan masyarakat di desa tersebut. Adapun 2.500 desa ini berada di Riau, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat

"Kalau kita nunggu (jaringan listrik) pasti lama. Kalau kita kenakan tarif listrik sekarang banyak yang enggak mampu," ujarnya.

REDAKSI | ***
Bagikan

Radio Nasional

Komentar Anda