Tentang Kami

Please Subscribe Your Email

BERITA HOT

RUBRIKASI

Wisata Alternatif Waduk Sermo Kulonprogo

Pernahkah kamu ingin coba destinasi lain, selain gunung atau pantai. Misalnya saja seperti waduk? Salah satu contohnya seperti, Waduk Sermo ini misalnya. Nah, waduk ini sendiri merupakan sebuah waduk yang berada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Waduk Sermo Kulonprogo
Pernahkah kamu ingin coba destinasi lain, selain gunung atau pantai. Misalnya saja seperti waduk? Salah satu contohnya seperti, Waduk Sermo ini misalnya. Nah, waduk ini sendiri merupakan sebuah waduk yang berada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Waduk ini sudah dibangun sejak tahun 1994 silam. Wah, cukup lama ya. Tapi baru ngetren sekarang, hal ini mungkin didukung karena kebutuhan wisata yang perlahan mulai berubah, sebab kini zamannya berbeda, jika dahulu wisatawan berlibur hanya untuk menenangkan diri dan menikmati pesona wisata tersebut untuk merefres otak. Tapi sekarang banyak wisatawan yang dating ke sebuah tempat wisata untuk mendapat spot menarik dan unik sebagai latar belakang foto selfie mereka. Salah satunya ya, Waduk Serno.

Banyak yang bilang bahwa Waduk Sermo dinilai sebagai bendungan terbaik di Indonesia karena sedimentasi yang ada di waduk sangat sedikit. Waduk seluas 21,3 kilometer persegi ini mampu menampung udara sebanyak 21,9 juta meter kubik.

Dan belakangan Waduk Serno dijadikan sebagai tempat wisata yang cukup menarik untuk di coba.

Lokasi dan Harga Tiket Waduk Sermo

Waduk yang berada di antara dua bukit dan pohon-pohon besar ini berlokasi  di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk dapat sampai di tempat wisata ini, kamu bias mengambil arah dari jalan wates lurus saja terus sampai ketemu patung kuda di sebelah barat alun-alun kota. Kemudian di situ ada nama arah, pilihlah yang menuju ke Waduk Sermo.

Akses yang cukup mudah bukan?

Untuk harga tiket masuk per orang hanya dikenakan biaya Rp 2.000,- saja, bagi yang membawa speda motor cukup membayar Rp 1.000,-  untuk biaya parker.

Sebelum memasuki kawasan Waduk Sermo, dikenai retribusi masuk obyek wisata di pos TPR untuk mobil dikenai tarif Rp 3000 sedangkan bus dan truk Rp 5.000,-. Di area parkir, juga masih akan dikenai biaya Rp 1.500 untuk motor, Rp 3.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk bus dan truk. Harga yang cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

Fasilitas Yang Tersedia Di Waduk Sermo
●    Rumah Panggung
Rumah yang berada di pinggir waduk dengan bangunan yang menarik. Bisa kamu jadikan latar belakang untuk mendapatkan spot foto yang unik.
●    Perahu
Tersedia perahu bagi pengunjung yang ingin mengelilingi keindahan Waduk Sermo. Untuk harga perahu Rp6.000/orang dan untuk yang ingin menyewa perahu Wisata Waduk Sermo Rp30.000/perahu.
●    Area Memancing
Bagi yang hobi memancing bisa melakukannya di sini. Tapi diarea tertentu yang nanti ditentukan oleh petugas Waduk Sermo. Karena ada area yang cukup berbahaya. Tetap berhati-hati ya.
●    Villa
Bagi yang ingin berlama-lama menikmati liburan ke waduk bisa menginap di villa sekitar Waduk Sermo.
●    Gardu Pandang
Ini salah satu spot yang bisa kamu jadikan buat berfoto-foto ria yaitu gardu pandang. Karena tempatnya berada di atas sekitar waduk.
●    TIM SAR
Sebenarnya Waduk Sermo bukan tempat wisata, tapi tempat pengairan irigasi yang digunakan untuk mengairi daerah sekitar. Karena tempatnya dikelola dengan bagus, menimbulkan kesan indah dan patut dikunjungi. Alhasil, dijadikanlah tempat wisata. Tempat ini cukup berbahaya. Tapi jangan khawatir, semua fasilitas yang disediakan, wisata alam waduk sermo juga di lengkapi dengan TIM SAR yang bertugas menjaga keamanan waduk, dan bersiaga apabila terjadi kecelakaan.
●    Warung Makan
Ada warung makan yang disediakan untuk mengisi perut anda. Sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah ya.
●    Bengkel
Bengkel disediakan untuk berjaga-jaga jika ada pengunjung yang membutuhkan. Karena lokasi Waduk ini cukup sulit dijangkau dan jauh dari pusat kota.

Karena sebenarnya ini hanya tempat pengairan yang disulap menjadi tempat wisata. Waduk Serno sudah lama ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat menjadi referensi liiburan kamu. Terimakasih sudah membaca dan selamat berlibur.

REDAKSI | ***
EDITOR : ANDRI ARIANTO
Bagikan

Radio Nasional

Komentar Anda