Tentang Kami

Please Subscribe Your Email

BERITA HOT

RUBRIKASI

Akhirnya, BTKL-PP Batam Bisa Uji Swab Corona

Batam, JMRN-Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan – Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas I Kota Batam Slamet Siswanto menyatakan, unit pelaksana teknis Kemenkes RI tersebut mulai melakukan pemeriksaan swab pasien terkait covid-19, Minggu (12/4).

Hal ini dapat mempersingkat waktu pengujian sampel swab PDP dan ODP di Kepulauan Riau pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya, tidak perlu menunggu hasil dari laboratorium di Jakarta.

“Hari ini Minggu 12 April 2020, sudah dimulai Pemeriksaan sampel swab Batam dan Kepri,” ujar Slamet dalam keterangannya, Minggu.

Menurutnya, BTKL-PP Batam dapat memeriksa sample swab saat ini, berkat dukungan semua pihak, terutama Pemerintah Kota Batam dan Provinsi Kepri.

“Alat PCR bantuan pemerintah Singapura ini dioperasikan di BTKL-PP karena memang memenuhi persyaratan minimal bio safety level 2. Alat merek Biorad seri CFX96 seperti semua alat PCR yg ada di BTKLPP adalah Real Time PCR,” katanya memaparkan.

Sebelumnya, pengujian di BTKL-PP Batam tertunda karena sejumlah bahan seperti reagen belum tersedia.
“Kemaren sudah sampai dark kementrian walau tidak bnyk (untuk pemeriksaan 200 sample),” imbuh Slamet. 

Untuk itu,pihak BTKL-PP tetap mengharapkan bantuan dari semua pihak, terutam Pemerintah Kota Batam dan Pemerintah Provinsi Kepri, dengan menyediakan bantuan berupa reagen dan bahan lain yang dibutuhkan.

“untuk kesinambungan atau konsistensi pemeriksaan selanjutnya,” pungkas Slamet.
Bagikan

Radio Nasional

Komentar Anda

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan Saudara ke laman berita Jaringan Media Radio Nasinal