Tentang Kami

Please Subscribe Your Email

BERITA HOT

RUBRIKASI

Angka Pencurian di Nunukan Tinggi Dipicu Kenaikan Harga Rumput Laut

Tingginya harga rumput laut di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara membuat kasus pencurian meningkat tajam. Hal ini dikemukakan Ketua Assosiasi Petani Rumput Laut Kabupaten Nunukan
Angka Pencurian di Nunukan
Nunukan, RN – Tingginya harga rumput laut di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara membuat kasus pencurian meningkat tajam. Hal ini dikemukakan Ketua Assosiasi Petani Rumput Laut Kabupaten Nunukan, Habir kepada wartawan, Jum'at (29/12).

Dikatakan Habir, pihaknya hampir setiap hari menerima laporan dari petani rumput laut yang mengalami kerugian karena bentang rumput laut mereka yang siap panen dicuri.

“Pokoknya itu setiap hari, setiap ketemu masyarakat itu bentanganku hilang sekian, diambil, diambil sama talinya itu. Ada juga sebagian cuma diambil isinya, tapi yang lebih banyak diambil sekalian sama talinya itu,” kata Habir mengambbarkan kelluh kesah petani rumput laut dibawah koordinasi organisasinya itu.

Meski pencurian kerap kali menyasar kalangan petani rumput laut, namun kata Habir, kejadian tersebut tak pernah dilaporkan kepada pihak kepolisian. Petani, dalam keterangannya hanya melaporkan kejadian pencurian itu kepada pihak Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.
BACA JUGA:

Sayangnya Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltara setempat katanya, tidak bisa berbuat banyak karena kewenngan penangan berada di Provinsi Kalimantan Utara. Habir berharap pemerintah provinsi segera turun menangani maraknya aksi pencurian rumput laut dengan mengeluarkan larangan kegiatan memukat pada malam hari.

“Sementara ini kita belum ada laporan ke polisi cuma kita laporan ke dinas. Kebetulan kita salah satu mitra perikanan, cuma sementara ini untuk pengawasan perikanan ditarik ke provinsi jadi wewenang untuk daerah tidak ini lagi, harapan kedepan aktifitas malam kalau bisa tak usahlah, biar kita semua seragam siang hari,” katanya berharap.

Meski harga rumput laut kembali turun di angka Rp 18.500 yang disebabkan momentum libur  natal, tapi petani di Nunukan kata Habir sangat yakin harga rumput laut akan kembali mengalami kenaikan pada awal tahun 2018. Mengingat hampir bersamaan terjadi dibeberapa daerah terjadi gagal panen, maka di Kabupaten Nunukan petani bisa bertanam rumput laut sepanjang tahun depan.

Saat ini kabupaten Nunukan mampu mengirim 3000 ton rum[ut laut kering ke daerah Surabaya
dan Makasar.

AWAN SENJA | ***
EDITOR     | ANDRI ARIANTO


Bagikan

Radio Nasional

Komentar Anda